3 Hal yang dapat membuat kamu malas menulis dan cara mengatasinya

Diposting pada

3 Hal yang dapat membuat kamu malas menulis dan cara mengatasinya

Sebagai seorang blogger sudah menjadi kewajiban kita untuk dapat membuat sebuah tulisan artikel dengan konsisten. Namun terkadang ada saja yang membuat kita malas untuk melakukannya.

Dan kali ini saya ingin membagikan beberapa pengalaman saya kepada sobat, mengenai 3 hal yang dapat membuat kita menjadi malas untuk menulis, dan juga bagaimana cara mengatasinya.

Beberapa hal yang dapat membuat blogger malas menulis artikel

Nah, hal-hal berikut ini merupakan hasil evaluasi saya selama ini mengenai permasalahan didalam kegiatan blogging saya. Saya sendiri sebagai blogger memiliki permasalahan yang sama seperti blogger lain pada umumnya, yaitu tidak pernah konsisten dalam menulis. Hal tersebut disebabkan karena adanya hal-hal ini:

 

  • Sarana dan Prasarana yang kurang mendukung

Bagi saya seorang blogger tentu membutuhkan adanya sarana dan prasarana untuk menulis. Untuk mengetik artikel kita menggunakan beberapa jenis perangkat, ada yang bisa menulis lewat HP, Warnet, computer, dan laptop. Namun, apa jadinya jika perangkat tersebut tidak mendukung kegitan menulis kita?

Ya, tentu kita akan menjadi malas untuk menulis. Sebagai contoh adalah laptop saya sendiri, saya menggunakan laptop bekas kakak saya sejak 8 tahun yang lalu. Laptop saya adalah acer tipe 4738 yang merupakan laptop dengan spek yang tidak mumpuni untuk melakukan kegiatan internet. Bayangkan, kondisi laptop saya saat ini sering macet-macet ketika untuk browshing materi artikel. Oleh karena itu terkadang saya jadi males untuk posting artikel.

Namun saya sadar bahwa semua itu hanyalah alasan saja. Setelah saya membaca dan mendengar beberapa pengalaman sukses dari orang-orang yang awalnya bukan orang yang berada, justru mereka kini menjadi orang yang luar biasa.

Banyak blogger-blogger yang sukses saat ini merupakan orang yang dulunya bahkan tidak memiliki akses internet. Kunci mereka adalah selalu kerja keras. Berbeda dengan saya yang hanya mau menulisnya ketika sudah ada sarana dan prasarana yang mendukung.

Mereka dapat memanfaatkan keadaan dimana waktu mereka tidak bisa mengakses internet, mereka jadikan sebagai waktu belajar memperdalam pengetahuan dengan baik. Sehingga mereka mampu memunculkan tulisan-tulisan informasi yang masih fresh berdasarkan pengetahuan dan pengalaman pribadi mereka.

Tidak seperti saya yang hanya mengandalkan materi dari browshing dan kopi paste saja… ha…ha… yah inilah akibat perbedaan pengalaman dan pengetahuan, sebab kurang belajar.

Jadi intinya jangan jadikan kekurangan sarana dan prasarana yang kita miliki sebagai alasan kita bermalas-malasan. Dengan demikian kamu tetap akan bisa menulis walaupun tidak ada koneksi internet dan perangkat yang mendukung.

Contoh kasus: kamu ingin memjadi seorang blogger namun tidak memiliki laptop, smartphone, ataupun koneksi internet maka kamu pelajarilah dulu semua ilmu yang ingin kamu jadikan postingan lalu kamu buat artikelnya didalam buku catatan. Alhasil kamu bisa menguploadnya sewaktu-waktu melalui jasa sewa warnet. Tidak harus banyak postingan, cukup 1-2 artikel selama seminggu asalkan konsisten itu sudah bagus.

 

  • Kebanyakan dalam membanding-bandingkan tulisan

Ketika kita ingin membuat suatu artikel yang bagus, tentu akan timbul keingin agar artikel tersebut menjadi artikel yang paling bagus diantara yang lain. Sehingga secara tidak sengaja kamu justru kelamaan dalam membanding bandingkan tulisanmu dengan tulisan orang lain.

Parahnya lagi jika kita malah jadi takut dengan gaya menulis kita sendiri. Alhasil artikel kita akan menjadi terlalu kaku akibat mengikuti gaya menulis orang lain yang kita anggap lebih baik. Padahal kita sendiri malah merasa diberatkan oleh hal tersebut.

Saya pernah membaca artikelnya mas sugeng yang berkata menulis artikel yang bagus itu sama saja dengan kamu sedang ngomong sama teman, jadi bawaannya santai, enak dan gak kaku. Dan lebih penting lagi bagus atau tidaknya artikel kita itu berdasarkan pengalaman menulis kita sendiri. Oleh karena itu semakin banyak kita menulis artikel maka tulisan kita kedepannya akan menjadi lebih baik lagi.

“Inget jangan suka Copy Paste artikel blogger lain” kata mas sugeng.

 

  • Minimnya Pengetahuan Megenai Materi Yang Hendak Kita Tulis

Nah ini dia hal yang paling sering saya alami. Saat ini saya masih termasuk seorang blogger pemula, yang terkadang belum mengetahui dimana kemampuan saya sebenarnya. Oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan mengenai apa yang hendak saya tulis terlebih dahulu. Apabila saya tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni biasanya tulisannya akan acak-kadul gak karu-karuan kayak artikel ini… hehe…

Permasalahan ini pernah dibahas oleh mas shiq4 didalam artikelnya. Beliau berkata :

 “Dulu, saya yang masih pemula dan sering menulis sesuatu yang tidak pernah saya kuasai. Bisa ditebak dengan mudah bahwa saya mengalami kegagalan. Kabar baiknya saya telah berubah. Saya lebih sering menghabiskan waktu untuk membaca banyak artikel sebelum benar-benar menuliskannya. Anda tidak akan percaya betapa mudahnya saya menulis jika memiliki pengetahuan yang mumpuni”.

Yah pada intinya kita harus menguasai pengetahuan yang banyak mengenai materi yang hendak kita tulis. Sehingga kita dapat menyampaikan segala maksud dan tujuan dengan tepat.

 

Yap, demikian dulu sharring kita mengenai 3 Hal yang dapat membuat kita malas menulis dan cara mengatasinya. Apabila terdapat kesalahan atau kekurangan dalam tulisan ini, saya berharap teman-teman mau memberikan kritik didalam komentar demi pengalaman saya untuk kedepannya.

 

One thought on “3 Hal yang dapat membuat kamu malas menulis dan cara mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *