3 Sumber Inspirasi yang Gampang Untuk Bahan Tulisan Blog

Diposting pada

Hasrat untuk menulis sebenarnya dimiliki setiap insan yang berjiwa. Hanya saja, hasrat itu seringkali terhalang kendala-kendala.

Salah satu kendala yang umum terjadi adalah keterbatasan ide yang membuat keinginan menulis pun akhirnya urung dilakukan.

Padahal, sebenarnya sumber-sumber yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk menulis sudah bertebaran di depan mata.

Hanya saja kita seringkali luput dan tidak menyadarinya hingga akhirnya angan-angan untuk menulis menjadi buntu.

Jika sobat musinah termasuk orang yang terkendala oleh hal tersebut, maka melalui artikel ini mimin ingin membantu sobat musinah.

Tiga sumber ini sangat mudah sekali kita jumpai dan tentu bisa menjadi inspirasi yang gampang untuk bahan tulisan :

 

1. Catatan Pelajaran atau Kuliah

Pelajar atau mahasiswa sih seharusnya gak usah bingung-bingung untuk mencari sumber yang bisa digunakan sebagai bahan tulisan di Blog.

Mata pelajaran atau mata kuliah merupakan bahan tulisan blog yang paling banyak bisa digali.

Sambil menyelam minum air. Dengan menuliskannya lagi di blog, kita pun bisa sambil mengulang belajar lagi sehingga ilmu itu bisa nempel bener di otak kita.

So, kalau mendadak ada ulangan atau kuis sewaktu-waktu pun, kita bisa libas dengan mudahnya.

Ditambah lagi catatan kita di blog tentu bisa membantu rekan-rekan kita yang sedang menempuh jenjang studi yang sama atau mengambil jurusan yang sama.

Bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain kan ?

       

2. Hasil Pemikiran dan Renungan

Sumber ini sedikit lebih sulit dibandingkan yang lain karena kita harus mengandalkan pemikiran kita.

Tapi kalo dibikin mudah juga gampang kok. Kita hidup di zaman media sosial yang membuat kita mulai terbiasa memposting setiap apa yang kita pikirkan dan lakukan.

Sebagai manusia yang sudah diberkati panca indera, kita pun sering mengamati sekitar yang seringkali menghasilkan renungan dalam pikiran.

Mengapa postingan medsos atau renungan itu tidak dikembangkan saja menjadi sebuah tulisan agar tidak sebatas pemikiran yang berlalu begitu saja ?

 

3. Berita Terhangat

Sumber mudah untuk inspirasi menulis yang terakhir adalah berita terhangat yang sedang booming.

Kita bisa mengkutip atau menshare berita tersebut sambil menyelipkan opini kita.

Hanya saja kita harus benar-benar pintar dalam menyaring berita. Berita yang ingin kita posting haruslah benar-benar riil alias fakta.

Jangan asal memilih berita yang belum jelas kebenarannya karena berita-berita yang simpang siur tidak semuanya benar dan banyak pula yang hoax belaka.

Undang-undang ITE baru-baru ini telah direvisi. Jangan sampai share berita atau postingan kita malah menjadi bumerang untuk diri kita sendiri.

 

Itulah tiga inspirasi gampang untuk bahan tulisan blog. So sekarang kayanya gak ada lagi alasan gak punya ide dan sejenisnya itu. Tinggal kamu mau atau tidak. Yuk semangat Nulis !

Semoga Bermanfaat ..

Gambar Gravatar
Perenung, pelamun dan pemikir yang mencoba menjadi Penulis, agar semua tak sebatas menjadi pemikiran yang lewat begitu saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *