5 Tips Ampuh Mengobati Cantengan

Diposting pada

Halo sobat musinah. Rasanya sudah lama sekali mimin tidak menyapa.

Semoga sobat musinah senantiasa diberi kesehatan oleh Allah dan dijauhi dari semua jenis penyakit.

Btw ngomongin penyakit, pernahkah sobat mengalami penyakit yang keliatannya sepele banget tapi rasanya itu lebih sakit daripada ditikung doi.

Asleeee. Mimin kaga lebay, bagi mimin ini serius. Coz mimin udah bolak-balik mengalami ini, apalagi pas zaman mimin masih SMA.

Ciri-cirinya itu kuku di jempol tumbuhnya ngawur sampe nancep ke kulit dalamnya jempol. Istilah jawa nyebutnya dengan nama “kuwenen”. Sedangkan kamus KBBI menyebutnya dengan “Cantengan”.

Aslee menderita banget deh kalo kena penyakit ini. Gabisa pake sepatu, nyenggol semut aja ngilu, dikatain ndeso sama temen2 (konon katanya cantengan adalah penyakit orang desa), sampe yang paling parah tuh, mimin jadi ga bisa main bola.

Udah kaya pemain bola pro aja yang bisa cedera, tapi sayangnya cedera ini memalukan. Bukan hamstring, fibula, engkel, melainkan cantengan. Hetdah ! dari namanya aja kaga ada keren-kerennya itu cedera jempol.

Nah buat kamu yang lagi bingung nyari solusi nyembuhin cantengan dari yang masih nubi sampe yang udah akut, sekarang mimin mau sharing tentang pengobatan cantengan.

Dari yang mulai kaga efektif bagi mimin sampe yang paling ampuh. Semua udah pernah mimin lakuin sendiri, asleee.

 

1. Kasih Bettadine

Ini sih mainstream banget. Ini kaga ada mempan2nya sama cantengan mimin yang udah akut.

Orang2 sih bilang “udah sabar aja terus kasih bettadine aja secara rutin, Insyaallah akan membaik”.

Buat yang skala awal sih mungkin oke. Tapi kalo buat kamu yang udah akut, ya jangan sia2kan kesabaranmu deh.


 

2. Rendem minyak tanah

Katanya sih buat ngilangin kuman.

Yang sebenarnya terjadi adalah malah ngilangin duit jajan.

Minyak tanah mahal broo. Mending buat beli bakso aja itu duitnya.

 

3. Tunggu nanahnya gede terus dibetusin deh.

Asal bisa tahan2 aja sih sama menahan sakitnya ditusuk kuku sendiri (ini masih lebih sakit dibanding ditusuk temen sendiri, asleee).

Jadi sobat biarin aja itu kuku nancep sampe luka dan nanahan. Sambil nungguin kulitnya lunak, sobat harus rutin ngasih revanol untuk ngilangin kuman-kuman di sekitarnya yang bisa memperparah luka jempol itu.

Terus kalo kulitnya udah empuk banget, nanahnya itu dibetusin. Setelah dibetusin balut pake kain kassa dan revanol atau bettadine.

 

 

4. Operasi kuku jempol ke klinik atau RS.

Ini bisa sobat lakuin, kalo sobat udah jengkel dan udah gabisa sabar bener ya haha.

Mimin sih udah pernah dua kali nyabut kuku demi nyembuhin cantengan yang kayanya naksir berat sama mimin.

Apadaya, ketika kukunya tumbuh lagi, dia malah nusuk lagi ke kulit (Bisa dicatet sob. Jangan percaya seutuhnya sama CLBK).

Otomatis cantengan balik lagi dan kumat.

Padahal udah menahan derita perihnya kuku dicabut plus budget dikuras.

Tau sendiri kan ya rasa kuku dicabut tuh kaya mana. Apalagi kalo obat biusnya udah abis. Hetdahhh perihhhhh.

 

5. Kasih lilin

Sobat mungkin ketawa sama solusi yang satu ini. Nyatanya solusi inilah yang paling ampuh dari yang terampuh bagi mimin. Sejak mimin kasih lilin ke jempol, cantengan udah ga pernah kumat lagi sampe sekarang.

Atau kalau mimin udah liat bibit-bibit cantengan, maka langsung mimin serang dengan lilin.

Jadi caranya tuh gini : sobat bakar lilin itu dari sumbunya, lalu ketika lilin itu udah cair dan masih panas, tuangin cairan panas itu ke bagian cantengan.

Rasanya bakal perih-perih enak gitu. Biarkan cairan itu terus saling menimpa sampe sobat udah gakuat lagi menahan panasnya cairan lilin itu.

Lalu biarkan lilin itu membeku si jempol sobat. Terus cabut deh bekuan lilin itu.

Terusss ulangi dari langkah pertama sampe sobat yakin kuman-kuman di jempol itu udah kapok kepanasan dan ga akan mau balik-balik lagi ke jempol sobat.

gambar : tipsbangneo.blogspot.com

 

Mimin sih awalnya juga ga percaya dengan cara yang terakhir. Saat itu mimin dapet pencerahan itu dari paman kandung.

Setelah mimin googling ternyata memang ada tips seperti itu.

Dan setelah mimin praktekin (tetep kudu sabar, karena sembuhnya gabisa instan) mimin pun gausah pusing-pusing lagi tiap ada gejala cantengan menyerang. 100% berhasil bagi mimin.

Cantengan ? No way ! Mimin pun udah paten jadi orang Kota ! hahaha

 

Gambar Gravatar
Perenung, pelamun dan pemikir yang mencoba menjadi Penulis, agar semua tak sebatas menjadi pemikiran yang lewat begitu saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *