Agar Skripsimu Cepat Kelar

Diposting pada
google.com

Untuk kamu dan Skrip-sweet…

Kita semua tau, dalam penyusunannya, skripsi membutuhkan perhatian lebih dibandingkan karya  tulis lainnya. Banyaknya bimbingan dan referensi sangat dibutuhkan dalam menyusun sebuah skripsi. Hal ini tentu saja dikarenakan pentingnya skripsi sebagai penentu untuk mendapatkan gelar sarjana S1. Rasa lelah,bosan,dan ingin menyerah kadang tentu saja menghampiri siapa saja yang sedang menjalani proses penyusunan skripsi. Bahkan tak jarang muncul keinginan untuk berhenti dan tidak melanjutkan kembali pengerjaan karya tulis satu ini.

Terlepas dari tidak mudahnya menyusun skripsi lengkap dengan beragam kesulitan didalamnya, sebenarnya banyak sekali jalan keluar dari permasalahan yang muncul ketika proses penyusunan skripsi berlangsung.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba bagi para pejuang skripsi agar tetap semangat dalam pengerjaan skripsi :

  1.   .   Ingat jasa orang tua
instagram.com/medislam

Ingatlah kuliahmu bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan dana yang tidak bisa dibilang murah. Kuliahmu bukan ajang kamu bermain, yang berarti ketika kamu memperlambat kelulusanmu itu tidak akan berimbas pada bertambahnya biaya kuliahmu.

Ingat juga bahwa semakin cepat kamu lulus,kesempatan kamu bekerja akan semakin cepat. Ini  berarti ketika kamu bekerja kamu bisa mengurangi beban orang tua. Meskipun mungkin penghasilanmu tidak bisa membantu banyak, namun setidaknya kamu bisa membiayai hidupmu sendiri dan hal ini meringknkan sedikit beban mereka.

Berbagai motivasi dari orang tua juga bisa kamu gunakan. Misalnya dengan membayangkan kamu bisa berfoto keluarga lengkap dengan toga atau misalnya dengan memajang foto bahagia keluarga di layar laptop sehingga ketika muncul rasa malas,wajah ceria mereka akan selalu membangkitkanmu dan membuatmu bersemangat kembali. Kamu juga bisa memiliki semboyan seperti “pantang pulang sebelum seminar” ,“wisuda dulu,nikah kemudian” atau berbagai semboyan-semboyan lainnya yang mampu menimbulkan semangat dalam diri.

  1.    Make it easy

Kreativitas yang tak terbatas ditambah imajinasi yang terus berkembang sebagai seorang mahasiswa terkadang membuat kita terlena dan terus menerus memimpikan judul skripsi yang mengekspresikan diri. Aktualisasi diri dan perkembangan pola pikir yang luas kadang membuat kita menggebu-gebu untuk menunjukan peforma diri yang prima. Tak jarang berbagai aspek penting justru terabaikan karena ambisi yang berlebihan.

 

–          Untuk judul misalnya, carilah judul yang mempunyai banyak reverensi , tidak perlu memikirkan prestise dari sebuah judul karena pada akhirnya akan membuat kesulitan dalam penyusunan skripsi. Judul skripsi juga harus sesuatu yang kamu kuasai. Hal ini akan mempermudah kamu untuk menyelesaikannya.

–          Mencari dosen pembimbing yang tepat bukanlah hal mudah. Hal ini dikarenakan dosen pembimbing (dos-bing) akan menjadi penuntunmu menyusun skripsi. Mulai dari judul sampai sidang akhir. Sebelum menentukan dosbingmu, ada baiknya kamu berkomunikasi dengan orang lain yang lebih perpengalaman, kakak tingkat (kating) atau pembimbing akademik misalnya.

Carilah dosen yang menurutmu cocok dengan kebutuhanmu. Perbanyak bertanya mengenai bidang keilmuan ahli yang dimiliki dosen tersebut dan karakter yang ia miliki. Dan pastikan bidang bahasan skripsimu selaras dengan dosen tersebut dan kamupun siap menerima semua karakter yang ia miliki.

–          Proses bimbingan

Dalam bimbingan tentu akan banyak sekali revisi-revisi dari dosen, ditambah lagi dengan coretan dosen sana sini yang berarti butuh perbaikan. Jangan malas untuk bimbingan karena dari bimbingan ini titik terang dari skripsimu akan muncul perlahan-lahan.

Revisimu harus diselesaikan sesegera mungkin,bisa sejam setelah bimbingan,sehari setelah bimbingan, atau jika kamu masih lelah setelah bimbingan,kamu bisa menunda. Tapi tetap ingat kamu harus punya target kapan akan menyelesaikan revisi dosen dan kembali bimbingan.

  1. .    Nyalakan api semangat sampai perang benar-benar selesai

Penyusunan skripsi membutuhkan waktu yang panjang. Tidak bisa dibilang sebentar dan tidak juga harus menguras seluruh waktumu. Semangat yang ada di awal mungkin akan larut dalam kemalasan seiring berjalannya waktu.

Berkumpul dengan teman seperjuangan,keluarga,dan bersosialisai dengan orang-orang terdekat kamu juga bisa terus menjaga semangat kamu. Ketika rasa bosan melanda, kamu bisa saja pergi keluar dan mencari suasana baru yang nyaman dan santai untuk menenangkan pikiran. Tempat-tempat yang tenang seperti taman,kafe,atau bahkan pantai bisa jadi tempat untuk membuka pikiranmu lohh.

  1.     Jangan malas untuk beribadah

Nahh ini dia poin terakhir yang menjadi paling penting. Setelah semua usaha ke-dunia-an yang kita lakukan. Kadang kita lupa bahwa dunia ini juga termasuk skripsimu adalah milikiNya. Kadang kita lupa bahwa tidak ada yang sulit bagi-Nya.

Dalam penyusunan skripsi harusnya tidak serta merta menyurutkan semangat ibadah kita. Perbanyak doa kita kepada Allah karena sejatinya Dialah penolong yang bertitel Maha Penolong,Maha Kaya,Maha Mengetahui dan semua kekuasaan di dunia dan akhirat adalah milikNya. Jika dunia ini tidak bernilai dimataNya, apalagi skripsimu ? semua mudah bagiNya. Dekati dia,selalu selalu dan selalu.

google.com

Nahh itu tadi sedikit bahasan skripsi, tidak mudah membayangkannya dan lebih sulit lagi untuk mengerjakannya. Butuh proses yang panjang demi mendapat gelar. Butuh keringat dan air mata untuk menambah titel di belakang namamu itu. Tapi ini hidup! Penuh perjuangan..

 

Semangat menyusun skrip-sweet

Gambar Gravatar
Hallo, saya Aini kolbiana. Terimakasih sudah membaca, baca tulisan saya lainnya ya. Contact me on gmail : Akolbiana1@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *