Kuliah Sambil Berwirausaha? Siapa Takut !

Diposting pada

Apa kabar sobat musinah.com…

Di era globalisasi ini banyak sekali tantangan yang harus dilalui oleh kalangan para pelajar, karena persaingan semakin ketat bisa dibilang mengedepankan kompetensi,katanya…

Kebanyakan orang tua dirumah mereka menginginkan anaknya cepet lulus kuliahnya degan nilai terbaik dan mendapat pekerjaan yang layak serta gajih yang tinggi. Namun semua itu tidak bisa berjalan dengan mulus sesuai keinginan karena dilihat dari perjalanan kuliah dari jurusan masing-masing.

Pada dasarnya kuliah itu hanya pengembangan proses kedewasaan seseorang dan dari situlah seorang mahasiswa membentuk karatkternya, karena didunia perkuliahan itu semua yang memanajemen adalah mahasiswa itu sndiri seperti waktu-waktu kuliah, mengerjakan tugas, bersosisalisasi,dan lainnya.

Apalagi mahasiswa yang jauh dari orang tua (anak perantauan) yang kehidupannya dimanajemen sndiri sehingga terasa sekali perjuangannya. Saya tidak akan membahas anak perantauan karena bisa sobat lihatĀ Seupil kisah anak rantau .

Pengalaman pribadi saya tentang Kuliah Sambil Berwirausaha bisa dibilang susah-susah gampang karena seorang mahasiswa untuk melangkah berwirausaha itu butuh pertimbangan yang matang, jangan sampai salah langkah hingga mengakibatkan kuliah berantakan dan usahanya juga tidak berjalan.. bisa dibilang gatot.

Sebelum sobat melangkah lebih jauh ke dunia wirausaha matangkan dulu planning kuliah untuk jangka kedepan jangan sampai terbengkalai hanya karena urusan usaha yang baru merintis. Buatlah manajemen yang matang antara kuliah dan berwirausaha sehingga kuliah bisa slesai tepat waktu yang di inginkan dan usaha bisa berjalan tanpa menghambat perkuliahan.

Setelah manajemen perkuliahan sudah matang selanjutnya sobat bisa memulai untuk sambil berewirausaha, dengan catatan kenali terlebih dahulu potensi wirausaha yang sobat miliki karena itu nanti akan membantu sobat dalam berwirausaha dan menjalaninya pun akan senang tidak menjadi beban dalam hidup sehingga kuliah bisa lancar dan usaha pun bisa lancar.

Jika sobat sudah menemukan potensi apa yang cocok untuk membuka usaha maka sobat bisa mulai membuat manajemen dan planning untuk melangkah selanjutnya. Nah yang tidak boleh kelewatan yaitu NIAT, karena niat ini sangat penting dan tidak boleh tertinggal, bagi orang muslim bisa di awali dengan bismillah sambil berhusnudzon kepada allah supaya allah memberikan yang terbaik dan barokah kepada kita.

Dalam menjalani sebuah usaha tentunya harus perbanyak sabar apalagi dalam merintis. Untuk itu Sobat juga diharapkan memperbanyak relasi dan dan mitra kerjasama karena melalui situlah rezeki itu datang. Dan usahakan sobat mempunyai nomer hp khusus yang tetap karena itu juga sangat membantu dalam berwirausaha apalagi sekarang zaman sudah canggih.

Dalam usaha itu pasti ada naik turunnya , nah untuk mengatasi itu sobat bisa membuat strategi yg cocok untuk melesatkan usahanya.. tentunya dengan cara yang halal donk. salah satunya apabila usaha itu berupa dagangan atau jasa maka sobat bisa mengambil kentungan yang sedikit saja supaya pelanggan dapat kembali lagi dan mengajak pelanggan lain untuk membeli dagangan sobat. Dan masih bnyak strategi lain yang ampuh dan cocok untuk jenis usaha sobat.

Nah langkah terakhir yaitu perbnyaklah berdo’a kepada allah dengan keyakinan penuh supaya kuliah bisa slesai tepat waktu dan usahanya berjalan denagan lancar tanpa ada hambatan lain…amiiin

selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk sobat sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *