Cara Ampuh Meningkatkan IPK

Diposting pada

 

 

gambar : @skripsit

IPK alias Indeks Kumulatif Prestasi bisa menjadi sesuatu yang begitu membanggakan namun bisa menjadi suatu momok menakutkan untuk diingat-ingat oleh para mahasiswa.

Bagi para mahasiswa yang mempunyai IPK yang tinggi, tentu IPK tinggi adalah suatu kebanggaan tersendiri. Mereka sudah cukup bisa untuk sekadar membusungkan dada dan mantap melangkah untuk menyongsong masa depan cerah.

 

Sementara itu bagi mahasiswa ber-IPK rendah, sekana masa depannya selalu diliputi tanda tanya dan ketidakpastian. Mungkin bagi sang mahasiswa itu sendiri, IPK rendah sama sekali bukanlah akhir dunia.

Namun tetap saja, setiap kali ada pertanyaan tentang IPK, prestasi kuliah, target kelulusan, dan pertanyaan lainnya terkait kuliah, maka momen itu menjadi seperti sebuah petir yang menyambar di siang bolong.

Apalagi jenis-jenis pertanyaan seperti itu mudah sekali muncul dimanapun kapanpun bagaimanapun.

 

Saya bisa sedikit menceritakan dua detail keadaaan mahasiswa itu karena saya memang pernah mengalami keduanya. Jadi itu semua bukan imajinasi semata, melainkan lebih kepada pengalaman pribadi.

Saya sempat menjalani kejayaan-kejayaan mahasiswa ber-IPK tinggi. Ya meskipun itu hanya semester satu.

Semua berubah sejak negara api menyerang (baca: kemalasan dan kurang motivasi), sehingga pada semester-semester selanjutnya IPK saya terjerembab di lautan luka dalam. Bahkan hampir menyentuh kepala satu. Cuma hampir lo ya hehe.

Namun hidupku kembali indah sejak aku bertemu dengannya dan segala pesonanyaa, eaaa (baca: semangat dan motivasi hidup). Saya mulai berusaha memperbaiki kembali kuliah dan pola hidup.

Dan sekarang, di saat saya menulis tulisan ini, IPK saya sudah mulai cukup membaik. Hampir menyentuh kepala tiga.

Dari IPK-ku yang bersemester-semester condong ke kepala satu, kini mengarah dan nyaris tipis menyentuh kepala tiga. Semoga sih bisa konsisten membaik.

 

Selanjutnya saya akan membagikan tips untuk mahasiswa yang pernah atau sedang bernasib sama seperti saya dulu. Tak berbelit-belit dan ribet, cukup jalankan 2 tips ini dan Insyaallah kuliahmu akan berangsur membaik (Catet yaa : untuk perkuliahan, tidak berlaku untuk kejombloan dan kengenesan nasib.)

 

  • Rajin Kuliah dan Mengerjakan Tugas

Semua ini berawal dari kebingungan saya. Jujur saya tergolong orang yang lancar-lancar saja dalam mengerjakan UTS dan UAS.

Ya meskipun saya jarang masuk kelas, saya tetap merasa sering mengikuti kuis dan mengumpulkan tugas (Saya juga tetap rajin membaca tulisan terkait mata kuliah). Masalahnya adalah setiap kali nilai keluar, hasilnya selalu mengecewakan.

Setelah melakukan survei-survei dari semua nilai mata kuliah, saya mendapati kesimpulan bahwa nilai saya ambruk adalah dampak dari seringkalinya saya melewatkan kuis dan tugas yang diberikan secara dadakan tanpa saya ketahui akibat saya yang sering tidak masuk kelas dan ketinggalan info.

Kadang saya nyesel, kenapa baru sekarang saya menyadari itu. Huhu

 

Sejak saya tahu fakta itu, maka saya mulai rajin kuliah dan masuk kelas dengan rutin demi mengantisipasi kuis dan tugas dadakan.

gambar : ayamgorengtulanglunak.wordpress.com

Atau ya kalau saya masih tetap mager, maka saya harus terus monitoring keadaan kelas (nanya-nanya ke teman kelas). Misal gini : Dosen masuk dan saya mager masuk. Saya cukup tanya teman aja  via Line atau WA ada kuis atau tugas gak?

Kalo mereka jawab : “Iya nih ada kuis, buruan kesini” maka di saat itu lah saya langsung cus menuju kampus tak peduli udah mandi atau belum.

Tapi contoh yang terakhir ini rawan bro. Rawan dalam artian rawan dibohongin atau rawan dikerjain.

Bisa jadi teman kelas ngasih tahu kalau ada tugas dadakan dan lu langsung cus. Tapi sesampainya di kampus, ternyata lu mendapati kelas kosong. Ternyata kuliah batal dan temen lu nge-WA atau line lu bahkan dari atas kasur tidurnya.

Soo, lebih baik kita jadi mahasiswa yang rajin kuliah dan rutin masuk kelas.

Seandainya pun kita kepepet karena ikut ajang perlombaan atau sakit, ya usahakan izin dengan surat resmi. Sehingga kita diberi kemurahan untuk mengikuti kuis atau tugas susulan apabila kita terlewatkan.

 

  •    Membuat Buku Catatan Satu Mata Kuliah Satu Buku Catatan

Saya akui tips satu ini sangatlah ampuh. Saya mendapatkan referensi tips ini dari salah satu situs di internet. Saya terapkan dan Boom !!! ngerjain UTS dan UAS semakin lancar jaya bagi saya. Pemahaman saya pada mata kuliah pun semakin meningkat.

 

Ada banyak sekali manfaat, jika kita punya buku catatan khusus di setiap mata kuliah. Kita bisa lebih mudah apabila ingin mengulas pelajaran sewaktu-waktu dan tidak perlu bingung-bingung mencari di setiap lembaran buku catatan mata kuliah yang tercampur.

Membuat satu buku catatan untuk satu mata kuliah juga membuat kita lebih termotivasi untuk mencatat. Secara cepat, kita bisa menghubungkan kuliah yang akan dipelajari dengan kuliah di pertemuan sebelumnya.

 

Kita tak perlu membeli binder untuk setiap mata kuliah yang relatif mahal. Gunakan saja buku-buku tulis seperti masa-masa kita sekolah dulu. Ini akan lebih menekan biaya yang kita keluarkan.

Cobain deh, dan saya berani jamin kuliahmu akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Sekali lagi harap dicatat : Tips ini untuk perkuliahan. Tak berlaku untuk urusan asmara perjodohan.

Namun, yang perlu diketahui : Jika kuliahmu berjalan lancar dan berjalan baik, tentu akan menambah nilai ketamvananmu dan menambah daya tarik kita untuk dia dan calon mertua ..

 

Okee selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.

 

Gambar Gravatar
Perenung, pelamun dan pemikir yang mencoba menjadi Penulis, agar semua tak sebatas menjadi pemikiran yang lewat begitu saja.

One thought on “Cara Ampuh Meningkatkan IPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *