Cara membuat efek bawah air dengan photoshop

Diposting pada

Di era yang canggih dan serba digital ini Sepertinya hampir tidak ada yang tidak mungkin untuk dibuat di photoshop. Tool-tool photoshop memang cukup powerfull untuk menjadikan tampilan visual yang tidak biasa seperti manipulasi foto, matte painting, dll. Seperti pada tutorial kali ini, kita akan coba membuat suasana bawah air dengan photoshop. Beberapa tehnik menarik pada tutorial ini mungkin bisa menjadi masukan bermanfaat bagi anda yang memang senang memanipulasi gambar menggunakan photoshop.

nah cara membuat efek bawah air dengan photoshop ini cukup simple ikuti aja langkah-langkah di bawah :

langkah 1 yaitu Mulai dengan membuat dokumen baru di Photoshop (Ctrl + N)

langkah 2 Klik layer background lalu pilih Gradient Tool (G) dan buka gradient editor di bagian control palette. Atur warna gradasi dari biru muda ke biru tua, jika sudah klik OK dan drag gradient tool dari atas ke bawah pada area kerja.

langkah 3 Buat layer baru dengan klik ikon Add new layer di bagian bawah layer palette. beri nama layer dengan ‘permukaan air’. Pilih layer permukaan air kemudian buat sebuah persegi menggunakan rectangle tool (M). Jika sudah, pada menu bar pilih Filter > Render > Cloud. Maka lihat, bagian yang terseleksi akan dipenuhi dengan efek cloud (semacam efek gumpalan asap). Tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi.

langkah 4 Masih pada layer permukaan air, pilih filter > Artistic > plastic warp. Maka akan terbuka sebuah panel baru untuk plastic warp effect. Atur nilai HIghlight strength =19, Detail =14, dan Smoothness =5. Jika sudah, klik tombol Ok.

langkah 5 Ubah Blending mode dari layer permukaan air menjadi Linear Dodge (Add) dan nilai fill menjadi 50 %.

langkah 6 Tekan Ctrl + T di keyboard untuk menggunakan Transform Tool, lalu klik kanan dan pilih DIstort. Sekarang, mulailah membentuk objek permukaan air seperti gambar dibawah ini.

langkah 7 Klik ikon Add Layer Mask di bagian bawah layer palette, kemudian klik pada thumbnail layer mask untuk permukaan air. Pilih Brushes Tool (B) dan atur warna foreground menjadi hitam dengan menekan tombol D dan mulai sapukan brushes tool di pinggiran objek permukaan air.

langkah 8  Buat sebuah layer baru, beri nama layer dengan ‘cahaya’. Sama seperti pada STEP 3, kita akan membuat sebuah seleksi kotak dengan rectangle tool (M) dan mengisinya dengan efek Cloud.

langkah 9 Pilih Layer Cahaya, dan lari ke Filter > Blur > Gaussian Blur. Atur nilai Amount menjadi 80, Blur methode = zoom, dan quality = Good. Pada thumbnail Blur center. anda bisa drag bagian tengah efek blur ke atas. Jika sudah, klik Ok dan lihat hasilnya.

langkah 10 Gunakan Transform tool (T) dan tarik objek cahaya ke bawah seperti gambar dibawah ini.

lalu Tambahkan layer mask untuk layer cahaya. Pilih Brushes tool (B), dan mulai sapukan brush ke bagian pinggir dari objek cahaya.

langkah 11 Tambahkan Objek gambar wanita ke dalam dokumen photoshop. Dan Crop gambar wanita tersebut dan posisikan seperti gambar dibawah ini.

langkah 12 Pilih layer women, tekan dan tahan tombol Alt di keyboard dan klik Create New Fill or Adjustment Layer lalu pilih Color Balance dan lepas tombol Alt. Atur nilai pada color balance seperti dibawah ini. Color balance kali ini kita gunakan untuk memberi kesan warna cyan yang mendekati warna bakcground gambar.

langkah 13 Pilih layer women beserta color balance, drag keduanya ke arah ikon Add new layer di bagian bawah layer palette. Langkah ini untuk menduplikasi layer women dan adjustment color balance hingga menghasilkan layer women copy.

langkah 14 Pilih layer women copy, lalu berikan adjustment layer hanya untuk layer women copy, langkahnya sama dengan STEP 16, hanya saja kali ini adjustment yang diberikan bukan color balance melainkan Brightness/Contrast. Atur nilai brightness dan contrast layernya.

langkah 15 Sekarang layer women copy menjadi gelap. Gunakan layer mask untuk menghilangkan bagian atas dari layer women copy hingga pada area kerja photoshop, bagian gelap hanya terdapat dibagian bawah dari gambar wanita.

Hasil Akhir

Seperti ini lah hasil akhir efek bawah air.  Selamat mencoba, semoga bermanfaat 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *