Cara Mengatasi Problem yang Sering Terjadi pada Komputer

Diposting pada

Apa kabar sobat musinah.com… saya akan berbagi sedikit ilmu nih barang kali bisa membantu sobat yaitu Cara Mengatasi Problem yang Sering Terjadi pada Komputer.

Sekarang ini teknologi semakin canggih tidak seperti zaman dulu yang serba manual berbeda dengan sekarang yang hampir semua orang pasti kenal dengan komputer, mulai dari yang usia SD sampai dengan orang tua juga kenal dengan yang namanya komputer.Namun kebnyakan orang tidak mengetahui problem-problem yang terjadi pada komputer dan mereka hanya bisa memakai saja, tetapi tenang sobat saya disni akan berbagi sedikit ilmu semoga bermanfaat bagi sobat sekalian.

Komputer juga sebenarnya butuh perhatian..ciee kya orang aja hehe.. perhatian komputer itu ya seperti sering di bersihkan folder-folder yang tidak terpakai lagi dan mengecek kapasitas harddisk atau RAMnya sehinga komputer tidak overhead dll.

Langsung saja nih beberapa cara untuk mengatasi problem yang sering terjadi pada komputer :

  • Komputer terjadi Hang

Komputer Hang itu biasanya disebabkan oleh banyaknya data yang diproses tanpa mengukur kemampuan Processor dan RAM dalam membuffer data yang diproses. Perlu diketahui RAM memiliki kapasitas yang terbatas,maka komputer akan Hang karena banyaknya aplkasi yang dijalankan sehingga kapasitas RAM akan semakin berkurang dan habis. nah untuk itu supaya menutup kembali aplikasi apabila sudah tidak digunakan lagi dan jangan memaksa komputer untuk menjalankan aplikasi yang berat.

  • Monitor tidak menampilkan apapun tetapi CPU menyala

Kendala seperti ini biasanya terjadi karena RAM yang tidak terdeteksi sempurna. Perlu sobat ketahui RAM adalah penyimapanan sementara selama komputer masih hidup, nah apabila RAM bermasalah maka komputer tidak bisa menyimpan proses yang sedang berjalan sehingga tidak ada yang bisa ditampilkan dimonitor.

Apabila RAM tidak bermasalah bisa dicek pada VGA apakah kabel VGA sudah terhubung ke monitor dan tersambung dengan baik. Nah apabila menggunakan VGA card maka pastikan kabel VGA tidak bermasalah atau bisa di cek VGA yang ada di motherboard.

  • Komputer tidak dapat membaca flashdisk

Masalah seperti ini sering kali terjadi, nah untuk mengatasinya sobat dapat mencoba hubungkan USB flash disk anda pada Port USB yang lain dengan bergantian, jika belum berhasil coba colokan ke PC lain, apabila berhasil maka USB kita tidak bermasalah dan kecurigaan 100% kepada PC.

Sobat juga dapat cek pada divice manajer dengan cara : klik start > settings > Control Panels > Dobel Klik pada icon system > Setelah terbuka jendela Syistem Properties, klik tab Hardware > Klik tombol Device Manager > Kemudian cek di bagian Universal Serial Bus Controllers danĀ  terlihat ada masalah > Tanda tanya pada bagian ini menandakan hardware tidak dikenal atau tidak ada driver > Tanda silang berwarna merah pada bagian ini menandakan disable > maka jika ini terjadi lakukan klik kanan dan pilih enable > Termasuk dalam hal ini kemungkinan perlu install ulang driver USB Flash disk.

Mungkin baru itu yang dapat saya bagi ke sboat-sobat, semoga bermanfaat…Amiin.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *