GARAM Menjadi Mahal… Kenapa???

Diposting pada

image:vitarian.sk

Apa kabar sobat musinah…. kali ini saya akan berbagi sedikit informasi yang sedang hangat-hangatnya beredar di indonesia, yaitu tentang kabar bahwa indonesia sedang mengalami kelangkaan garam sehingga membuat heboh masyarakat indonesia terutama bagi para pengguna garam dalam cakupan besar.

Dan dalam sisi ini juga ada hal baik yang dirasakan oleh para petani garam karena mendapat keuntungan yang besar sampai para petani garam kehabisan stok saking langkanya garam, dan dari keuntungan tersebut para petani dapat merasakan manisnya harga garam sehingga ada petani garam yang langsung mendaftarkan haji 4 anaknya berkat harga garam yang tinngi.Sobat ku sekalian perlu kita ketahui bersama tentang garam yang diproduksi di indonesia itu tidaklah mudah, meskipun indonesia memiliki garis pantai terpanjang dan terbanyak di dunia tetapi tidak menjadi jaminan semua pantai itu dapat di jadikan lahan untuk membuat garam.

Dalam memproduksi Garam itu sendiri perlu ilmu khusus dan juga melihat kualitas pantai yang akan di gunakan untuk memproduksi garam. Nah perlu kita ketaui bersama bahwa kualitas garam di indonesia itu hanya memeliki tingkat kekeringan masih dibawah 97%. Dan untuk mencapai kualitas garam sampai 97% itu dibutuhkan waktu paling cepat 1 bulan. Dan itu pun hanya dapat di lakukan disaat musim kemarau, Karena di indonesia memiliki cuaca yang tak menentu dan itu yang membuat garam menjadi langka.

Di indonesia ini konsumsi garam terbesar adalah untuk kebutuhan industri. karena Garam menjadi bahan baku utama, seperti industri kaca, indsutri kulit, industri pupuk dll. mengapa yang menjadi bahan baku utama garam ? karena garam dapat dipecahkan menjadi Natrium dan Gas Chlorium yang akan dijadikan bahan dasar utama di indsutri.

Garam di indonesia sekarang ini menjadi permasalahan utama. Sampai menjadi kelanggaan sehingga pemerintah mengimpor garam dari luar negeri, seperti dari negara belanda yang dapat memproduksi 5 juta ton garam dengan tingkat kualitas yang tinggi. Atau Negara Austria yang menjadi pusat garam di Eropa selama ratusan tahun, padahal memiliki garis pantai sama sekali.

Garam impor dengan kualitas yang tinggi tentunya memiliki harga yg tinggi pula ditambah lagi dengan pajak bea cukai pada barang impor yang masuk indonesia sehingga menjadikan harga semakin tinggi.

Cukup sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan..

Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *