Kaya Raya, 4 Sahabat Nabi ini Sangat Dermawan dan Tidak Lupa Diri

Diposting pada

Siapa sih yang tidak ingin sukses dan kaya raya. Secara umum, kita tahu bahwa aspek kebahagiaan hidup salah satunya adalah kesuksesan dunia.

Tetapi yang perlu kita catat adalah bahwa kebahagiaan hidup mungkin saja bisa diraih dengan keberhasilan meraih kekayaan dan kejayaan.

Namun tetap saja faktor spiritual merupakan salah satu bagian penting untuk menyelamatkan kedamaian hidup yang menjadi tujuan utama setiap insan.

Kita harus membentuk keimanan di hati agar harta yang kita kumpulkan bisa bermanfaat untuk orang lain bukan justru membuat kita kalap.

Kita acapkali mendengar pejabat korup, selingkuh, narkoba dan lainnya. Padahal notabene mereka adalah orang yang dipandang sukses masalah dunia.

Tapi hiasan dunia lah yang selalu membayangi mereka sehingga mereka tak pernah puas dan selalu berusaha mencari kepuasan-kepuasan yang lainnya.

Dari sini kita perlu sadar bahwa kesuksesan membagusi hidup tanpa diimbangi dengan kesuksesan membagusi hati adalah percuma dan akan berakhir menghancurkan diri sendiri.

 

Mungkin kisah 4 Sahabat Nabi ini dapat kita jadikan tauladan. Mereka adalah orang-orang yang dipandang berhasil sukses dunia namun selalu berpegang teguh pada keyakinan beragama.

Berikut estimasi total kekayaan mereka jika dikurskan ke Rupiah seperti dikutip dari alpontren.com.

 

1. Utsman bin Affan

Total kekayaan Usman mencapai 2,5 triliun rupiah.

Beliau pernah sengaja membeli sumur milik yahudi yang airnya sangat jernih seharga 200 ribu dirham atau setara 800 juta rupiah. Sumur itu beliau peruntukkan masyarakat umum yang kala itu sangat kekurangan air bersih.

 

2. Zubair bin Awam

Total kekayaan mencapai 3,5 triliun rupiah.

Kisah termahsyur dari beliau adalah beliau sudah sengaja mewasiatkan agar 1/3 dari harta peninggalannya disedekahkan. Sementara yang 2/3 untuk diwariskan ahli warisnya.

 

3. Abdurrahman bin Auf

Total kekayaan mencapai 6,2 triliun rupiah.

Ia pernah menyumbangkan 40 ribu dinar, 500 ekor kuda, dan 1.500 unta untuk para pejuang. Ia juga membagikan 400 dinar kepada setiap veteran Perang Badar yang masih hidup.

 

4. Talhah bin Ubaidillah

Total kekayaan mencapai 1,8 triliun rupiah.

Kisah yang paling menggugah hati dari Talhah adalah pada suatu masa beliau berhutang lima puluh ribu dirham dari Utsman bin Affan yang ternyata beliau gunakan untuk menanggung keperluan orang lain. What the … ?

Itu hanya segelintir kisah kedermawanan mereka. Mereka tidak gila harta. Mereka berani menghabiskan harta mereka untuk membantu sesama bukan untuk berfoya.

Mereka adalah orang-orang yang luar biasa karena umumnya kekayaan seseorang seringkali menjauhkan pemiliknya dari Allah dan melupakan Allah karena begitu sibuk mengurusi hartanya.

Mereka adalah teladan bagi kita semua. Mereka selalu siap menyediakan  finansial dan nyawa ke dalam pertempuran penuh darah dalam membela dan menegakkan ajaran Islam serta membantu sesama.

Itu semua karena mereka mempunyai pegangan spiritual yang kuat. Mereka adalah sosok langka yang nampaknya mulai sulit ditemukan di era modern ini.

Gambar Gravatar
Perenung, pelamun dan pemikir yang mencoba menjadi Penulis, agar semua tak sebatas menjadi pemikiran yang lewat begitu saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *