Nongkrong bareng netizen dan MPR RI,  Ini pesan ketua MPR RI bagi pemuda Lampung

Diposting pada

Minggu,  19 Oktober 2017 lalu Musinah.com diberi kesempatan untuk duduk dan ngobrol langsung bersama MPR RI di Swissbell hotel Lampung. Acara yang dilangsungkan kali ini bertujuan untuk mengedukasi para netizen mengenai banyak hal,  diantaranya 4 pilar MPR RI,  Penegasan fungsi pancasila sebagai dasar negara,  berbagai permasalahan bangsa,  dan banyak lainnya.

Hal pertama yang menjadi perhatian utama saya adalah tentang sebuah ilmu baru, yaitu 4 Pilar MPR RI yang saya baru tau ketika datang acara ini, hehe

Diantara kita,  banyak sekali yang belum mengetahui tentang 4 pilar MPR,  apa aja sih?  Nihh check this out..

1. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.

2.  UUD NRI sebagai konstitusi negara.

3. NKRI sebagai bentuk negara.

4. Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Lalu,  bagaimana implementasi sila sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari?

Nihh jawabannya:

Sila Pertama

Ketuhanan Yang Maha Esa

– berhenti saling menyakiti,  mulailah menghargai.

-berhenti saling merendahkan,  mulailah menghormati perbedaan.

-berhenti takabur,  mulailah bersyukur.

Sila Kedua

Kemanusiaan yang adil dan beradab

-stop marah – marah mulailah bersikap ramah.

-berhenti memaki,  mulailah memakai hati

-berhenti curiga,  mulailah menyapa.

Sila ketiga

Persatuan Indonesia

-berhenti berseteru,  mulailah bersatu.

-berhenti memaksakan,  mulailah berorban.

-berhenti mencari perbedaan,  mulailah bergandeng tangan.

Sila Keempat

Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan

-berhenti silang pendapat, mulailah mencapai mufakat.

-berhenti besar kepala,  mulailah berlapang dada.

-berhenti bersilat lidah, mulailah bermusyawarah.

Sila Kelima

Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

-berhenti malas,  mulailah bekerja keras.

-stop  diskriminasi, mulailah toleransi.

-berhenti menang sendiri,  mulailah berbagi.

Selain 4 pilar MPR dan implementasi pancasila,  acara ini juga membahas tentang permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia,  khususnya Provinsi Lampung.  Masalah-masalah ini diantaranya terangkum seperti dibawah ini:

1. Kemiskinan yang masih terdapat di banyak daerah, terutama daerah-daerah diluar Pulau Jawa.

2. Kesenjangan antar individu,  hal ini sangat terlihat dari perbedaan pertumbuhan antara pulau jawa dan pulau-pulau lainnya di Indonesia. Hal ini diperparah dengan konglomerasi yang semakin merajalela serta hilangnya prinsip senasib sepenanggungan di kalangan masyarakat.

3. Penyerahan semua permasalahan sosial hanya pada pemerintah.  Padahal harusnya ini menjadi tanggung jawab bersama yang harus diatasi secara gotong royong.  Masalah korupsi misalnya,  harus ditangani oleh pemerintah (KPK) yang dibantu oleh rakyat,  apabila rakyat saja enggan jujur, bagaimana KPK bisa menuntaskan korupsi?

4. Distrust kepada Pemerintah.  Hadirnya golongan-golongan anti pancasila,  penyebaran isu SARA,  dan banyak hal lain yang mampu memecah belah NKRI.

5. Hilangnya kebanggaan pada daerah, hal ini juga di dukung oleh kurangnya pemahaman dan cinta budaya.

Ketua MPR RI

Kelima hal diatas sebenarnya mampu diatasi dengan menjadikan masyarakat menjadi warga negara yang berdaya saing,  Ketua MPR RI,  Zulkifli hasan mengungkapkan,  Modal utama untuk menjadi masyarakat yang berdaya saing ada 3 hal, yaitu…

1. Cinta budaya,  yaitu mengenal dan mengerti daerahnya, sehingga mampu memliki karakter yang kuat dalam memahami bangsanya.

2. Mengerti sejarah bangsa,  yaitu mengetahui perjuangan-perjuangan yang luar biasa dari para pahlawan,  hal ini untuk memotivasi agar mampu mempertahankan kemerdekaan.

3. Memiliki ilmu pengetahuan dan jaringan.  Adanya sumber daya manusia yang memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni (cerdas dan cekatan)  serta mampu membangun jaringan kepada khalayak ramai.

Terakhir,  Ketua MPR RI juga berpesan kepada seluruh anak muda Lampung untuk terus berjuang dan jangan malu dalam menghadapi kehidupan.

Anak lampung gak boleh minder!! , pungkasnya.

Bupati Lampung selatan (tengah)

Acara yang seru ini tidak hanya dihadiri oleh ketua MPR RI (Bapak Zulkifli Hasan) tetapi juga Bupati Lampung Selatan (Bapak Zainuddin Hasan), keduanya sama-sama memotivasi kita sebagai putra dan putri daerah lampung agar berani maju ke kancah nasional bahkan internasional. Beliau juga menyebutkan beberapa tokoh nasional yang berasal dari lampung. Sebut saja jaksa agung yang saat ini menjabat, beliau juga merupakan salah satu putra daerah lampung.

Dalam acara ini, ketua MPR RI juga mengatakan bahwa sosial media dapat dijadikan senjata utama sebagai bentuk citra diri (Artificial Inteligent). Dimana hanya dengan melihat akun sosial media seseorang, kita mampu membuat sebuah citra diri dan menyimpulkan citra orang lain. Hal ini merupakan hal yang sangat penting untuk kita ketahui, karena sebagai kidz jaman now (anak zaman sekarang) yang sangat lekat dengan teknologi dan informasi, terkadang kita melupakan aspek penting seperti ini dan mengunggah beragam hal tidak penting yang bisa saja merusak citra diri di mata orang lain.

Selain itu, beliau juga mengungkapkan, tantangan nasional di abad 21 ini sangatlah beragam. Kita harus mulai berhenti untuk mengungkapkan bahwa ‘Indonesia is rich country’ karena sebenarnya sumber daya terpenting adalah manusia, dimana kita harus bersama-sama memberdayakan SDM agar menjadi masyarakat yang berdaya saing dan memiliki kemampuan yang setingkat dengan masyarakat global. Kita bisa melihat negara lain yang memiliki lebih sedikit sumber daya alam namun kaya akan sumber daya manusia yang mumpuni mampu menguasai sumber daya alam di negara berkembang. Misalnya saja tambang emas indonesia di Papua yang kini masih dalam penguasaan negara lain.

Pendidikan akan mampu meningkatkan kemakmuran bangsa, pembangunan infrastruktur pemerintah tanpa pembangunan Sumber Daya Manusia akan membuat pembangunan akan menjadi kurang maksimal dirasakan dan kurang memberikan pengaruh bagi bangsa. Pemerintah juga telah menggelontorkan dana yang cukup banyak untuk meningkatkan sumber daya manusia, untuk itu sebagai generasi muda kita harus giat dalam meraih cita-cita dan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Gambar Gravatar
Hallo, saya Aini kolbiana. Terimakasih sudah membaca, baca tulisan saya lainnya ya. Contact me on gmail : Akolbiana1@gmail.com

One thought on “Nongkrong bareng netizen dan MPR RI,  Ini pesan ketua MPR RI bagi pemuda Lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *