Tips Makan Siang Biar Nggak Ngantuk Saat Lanjut Aktivitas

Diposting pada

Hai sobat musinah, kalian sering ngantuk ngga sih setiap selesai makan siang ? Padahal kita masih harus melanjutkan aktivitas keseharian kita.

Padahal tujuan sebenarnya dari makan siang adalah untuk me-recharge energi kita yang sudah terpakai dari pagi hari. Tapi nyatanya makan siang malah sering membuat kita mengantuk bahkan tertidur.

 

Kali ini mimin mau sharing tips-tips makan siang yang membuat kita tetap bugar tanpa merasa ngantuk. Simak ya gengs :

 1. Hindari karbohidrat berlebih seperti roti putih dan nasi

Makanan dengan kandungan karbohidrat berlebih cenderung menyebabkan lonjakan gula darah yang tinggi lalu turun secara drastis. Keadaan inilah yang memicu kita untuk merasa ngantuk dan lesu.

gambar : nationalgeographic.co.id

 

2. Hindari makan protein dan lemak berlebih.

Memakan protein dan lemak yang berlebihan akan membuat sistem pencernaan lebih lama dalam melakukan kerjanya dan harus kerja ekstra. Hal ini justru akan membuat kita cenderung lemas.
Namun kita harus tetap mengonsumsi protein dan lemak untuk menyeimbangkan karbohidrat. Protein dan lemak dalam jumlah sedikit dapat membantu tubuh saat gula darah turun sehingga energi tetap terjaga.

 

3. Makan buah-buahan seperti pisang dan mentimun

Pisang dan mentimun mengandung vitamin B yang dapat membantu meningkatkan energi kita loo. Selain itu, pisang dan mentimun juga bisa membantu kita agar tetap merasa kenyang.

gambar : soktau.com

 

4. Konsumsi makanan berair

Makanan yang berair seperti sup dan sayuran lainnya mengandung nutrisi yang membantu meningkatkan energi. Namun makanan yang berair cenderung kurang mengenyangkan dibandingkan makanan yang padat. Sehingga kita tidak terlena dengan keadaan kenyang yang seringkali diiringi rasa malas.

 

5. Makan siang sebelum tengah hari

gambar : arinifalah.wordpress.com

Ternyata tubuh kita ini mengalami suatu ritme dimana tubuh menjadi lelah pada siang hari sampai menuju sore, yang diistilahkan dengan ritme sikardian. Ritme ini terjadi secara alami pada setiap harinya yaitu di sekitar jam 1 sampai jam 2. Bahkan jika kita tidak makan siang pun, kita akan tetap mengantuk karena adanya ritme ini. Mengkonsumsi makanan pada saat ritme ini hanya akan memperparah rasa kantuk.

 

Selamat mencoba

gambar : motivatorindonesia.net

Bye Bye Rasa Kantuk. Go Produktif !

 

Gambar Gravatar
Perenung, pelamun dan pemikir yang mencoba menjadi Penulis, agar semua tak sebatas menjadi pemikiran yang lewat begitu saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *