Tips Semangat Di Semester Baru

Diposting pada
news.okezone.com

Hallo sobat musinah.com….

Akhirnya setelah liburan kita semua pada akhirnya memulai kegiatan normal kembali. Kuliah,tugas dan berbagai rutinitas harian lainnya. Bosan,lelah,berat dan berbagai hal manusiawi lainnya pun pasti menghampiri kita yang baru saja beranjak dari nikmatnya liburan. Selain berbagai hal itu,bayang-bayang nikmatnya liburan pada akhirnya membuat kita kurang produktif dalam menjalani perkuliahan.

Memulai perkuliahan di semester yang baru memang tidak mudah. Harus berhadapan lagi dengan buku,tugas,ujian atau bahkan dosen yang membuat hidup berada di bawah tekanan.

Semakin tinggi semester kuliah,semakin berat juga tantangan yang disajikan, nah untuk itu semangat yang dihasilkan juga harus besar. Untuk sedikit membantu teman-teman semua dalam meningkatkan semangat, Nihh dikasih tips biar semester barunya jadi lebih semangatt..

TIPS AND TRIK TETEP SEMANGAT DI SEMESTER BARU

MALAS ? NOT MY STYLE!!!

  1.     Bersyukur

Yang dimaksud bersyukur disini adalah selain kamu berucap Alhamdulillah atas apa yang kamu capai semester lalu,tapi kamu juga harus bersyukur mengingat betapa banyak yang pengen posisi kamu sekarang. Betapa banyak kawan kita diluar sana yang bener-bener pengen kuliah kaya kamu sekarang, tapi takdir Allah ngga milih mereka.

Selain itu, kita juga perlu banget nih inget apa aja yang udah kita lakuin buat nyampe di posisi yang sekarang. Susah-susah  yang dulu udah kita lewatin cuma buat berada diposisi sekarang. Nahh dari bersyukur ini,nantinya kamu bisa sedikit berpikir kalau kamu sudah berjuang keras buat dapetin yang sekarang karena itu kamu sama sekali gak pantes buat males-malesan.

  1.    Flashback

Kenangan yang dimaksud disini adalah kenangan dari awal masa perkuliahan kamu yang dulu, bukan kenangan sama mantan yahh. *Ups. Misalnya kamu boleh nginget tentang tujuan awal kamu,apa aja yang ingin kamu capai tapi belum  juga tercapai, atau kamu bisa inget-inget lagi orang yang udah berjasa ngebantu kamu sampai akhirnya kamu bisa kuliah sambil ngaji sekarang.

Bisa juga dengan review perkuliahan semester yang udah dijalanin. Dilihat dari aspek nilai ataupun cara belajar, apakah sudah baik atau justru masih perlu perbaikan. Kamu bisa evaluasi diri dari hasil transkrip untuk nilai kuliah.

Itu semua bisa ditulis lalu ditempelkan di dinding kamar,pintu lemari atau tempat lainnya yang sering dilihat sehingga bisa memotivasi diri untuk bisa lebih baik lagi. Juga sebagai pengingat kalau usahamu yang lalu menghasilkan hal seperti itu. Maka kalau mau lebih baik, kamu harus usaha lebih baik lagii.

gurl.com

3. Buat Target dan Jadwal harian yang jelas

Dalam pembuatan target ini kita bisa mengacu pada hasil semester lalu. Menilik lagi apa yang masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Melihat review capaian semester lalu. Sudah sesuai dengan keinginan atau belum. Selain itu,buatlah target yang ambisius dan sulit sehingga lebih termotivasi untuk mengejarnya.

Untuk membuat jadwal,buatlah sepadat mungkin sehingga kamu tidak punya waktu luang yang sia-sia.  Dan jangan lupa untuk menulis jadwal harian kamu. Misalnya jadwal kuliah,bahkan bisa kamu tulis lengkap dengan jadwal dan kelasnya.

Taruh ditempat yang mudah dan sering kamu lihat. Ini bukan hanya mengingatkan kamu untuk masuk ke kelas mana saat kuliah,tapi juga memudahkan kamu untuk mengingat mata kuliah,buku atau bahkan tugas apa yang kamu siapkan untuk kuliah.

 

  1.   Tetap dalam lingkaran positif

Lingkaran yang positif mampu membuat kamu me-recharge diri yang sudah lelah dan bosan dengan perkuliahan. Termasuk misalnya dengan terus bekomunikasi dengan orang tua mengenai kehidupan sehari-hari, atau bahkan bergaul dengan orang-orang yang semangat kuliah dan ngajinya mampu membakar dirimu lebih baik.

Orang tua atau bahkan teman-teman yang semangat belajarnya tinggi bisa kamu jadikan alasan untuk terus semangat. Lingkaran positif bisa jadi senjata terampuh untuk membangkitkan semangat, karena mereka akan selalu membagkitkan semangat kamu ketika kamu mulai bosan dan lelah dari apa yang kamu jalani sehari-hari.

  1. Fokus

Ketika kita sudah me-review capaian semester lalu,membuat rancangan semester depan dengan segala target,lalu menjalin hubungan baik dengan lingkungan yang positif, hal yang harus kita lakukan di akhir adalah tetap fokus. Fokus pada tujuan yang ingin kita capai,fokus pada target-target yang kita buat.

Jika misalnya kita menginginkan untuk cepat lulus maka kita harus tetap menjadikan itu fokusan utama yang harus kita capai. Jangan  hanya karena hal sepele seperti godaan untuk lebih banyak bermain membuyarkan tujuan kita diawal.

Jom… semangat menyongsong masa depan!!!!

 

Gambar Gravatar
Hallo, saya Aini kolbiana. Terimakasih sudah membaca, baca tulisan saya lainnya ya. Contact me on gmail : Akolbiana1@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *