Yuk kenali depresi..

Diposting pada

source: health.liputan6.com

Kemarin,(20/7) dunia maya dihebohkan dengan Kematian Chester Benington…siapa sih chester benington? pejabat? atau napi kasus korupsi ? bukan..

Chester benington adalah seorang musisi yang tergabung dalam grub band rock  Asal california, AS yaitu Linkin park. chester di temukan bunuh diri di rumahnya dengan cara gantung diri. menurut beberapa situs berita nasional chester bunuh diri di latar belakangi depresi.. depresi itu apa sih ?

Menurut WHO, depresi merupakan gangguan mental yang ditandai dengan munculnya gejala penurunan mood, kehilangan minat terhadap sesuatu, perasaan bersalah, gangguan tidur atau nafsu makan, kehilangan energi, dan penurunan konsentrasi (World Health Organization, 2010).

lalu penyebab depresi itu apa ya? putus cinta? #eh

begini sobat musinah, chester di kabarkan depresi di karenakan ketika dia masih kecil pernah mengalami masa yang kelam, mulai dari pelecehan seksual, orang tuanya bercerai sehingga menyebabkan dia kecanduan alkohol dan obat – obatan terlarang.. hal – hal kelam masa kecil tersebut menyebabkan kehidupanya yang sekarang terganggu.

menurut pemahaman saya, kejadian yang menimpa chester tersebut sesuai dengan teori psikoanalisis yaitu bahwa permasalahan seseorang yang menimpanya sekarang  diakibatkan oleh kejadian masa  lalunya yang tersimpan di alam bawah sadarnya. ..sobat musinah pernah mendengar berita tentang pengakuan pelaku pedofilia  ternyata sebelumnya dia adalah korban pedofil, atau berita tentang pelaku bully ternyata sebelumnya dia adalah korban bullying,.bahkan beberapa korban depresi layaknya chester. selain itu, penyebab depresi karena pola hidup yang tidak sehat misal sering begadang, pernah gak sih karena begadang mood sobat jadi kacau, gampang marah.. so kurangi keseringan begadang ya sobat

lalu bagaimana tips agar terhindar dari depresi ya sobat? ini tipsnya dari  mimin sobat..

  1. Pertebal keimanan Bagaimana pun juga Rohani kita juga butuh kebanyakan seseorang depresi karena kurang nya mendekatkan diri kepada yang maha Esa, semakin kita sering memupuk rohani maka kita semakin yakin bahwa Tuhan memberikan cobaan tidak melebihi batas kemampuan Hambanya..
  2. Jalin pertemanan  kita tidak bisa memungkiri bahwa manusia adalah mahkluk sosial ya sob.. beberapa orang depresi karena merasa kesepian, perasan kesepian di karenakan mereka tidak mau menjalin pertemanan. tapi jangan cuma teman di dunia Maya saja ya, di dunia Nyata juga…
  3. Jangan malu kebanyakan dari kita malu mengungkapakan permasalahan dengan teman, sahabat atau keluarga sendiri, padahal dengan kita mengungkapkan permasalahan bisa sedikit mengurangi permasalahan kita,,kalau memang permasalahan yang sobat alami terlalu berat, jangan malu untuk datang ke Psikolog atau Konselor.. inget prinsip ringan sama di jinjing berat sama di pikul ya sob..

kalau ada tips lain silahkan tulis di komentar  ya sobat..

semoga bermanfaat…

Gambar Gravatar
Beberapa orang lebih nyaman menyampaikan sesuatu lewat tulisan dibanding dengan lisan, mungkin saya salah satunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *